PAC Perkuat Lini Produk Pendingin Ruangan
PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) baru-baru ini meluncurkan produk terbaru Package Air Conditioner (PAC). Peluncuran ini sekaligus menambah jajaran line up produk untuk Commercial AC dan memenuhi permintaan pasar yang semakin besar.
Perhelatan yang bertempat di Westin Hotel, Jakarta pada 20 Juli itu mengundang 74 dealers PAC Panasonic yang berasal dari Jabodetabek maupun luar kota.
Yutaka Enomoto, Sales Director PT Gobel Dharma Nusantara mengatakan peluncuran pada produk baru itu adalah bagian dari komitmen Panasonic untuk memberikan yang terbaik kepada konsumen di Indonesia. Panasonic New PAC ini diyakini dapat memperkuat jajaran line up produk Panasonic, yang pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan penjualan.
“Kami mendatangkan Insinyur Jepang. Apabila ada hal yang kurang jelas jangan sungkan untuk bertanya. Jadi mohon kerja samanya untuk meningkatkan profit bersama. Ada satu pepatah yang sangat bermakna bagi saya, berat sama dipikul ringan sama dijinjing. Bersama kita pasti bisa,” paparnya di hadapan para dealers.
Menurut Direktur Human Resources (HRS) PGI Wendy Syofyan Panasonic akan terus mengembangkan produk dari berbagai line up untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.
Salah satu produk sukses yang berhasil diraih oleh Panasonic adalah segmen Room Air Conditioner (RAC) yang sampai saat ini memiliki pangsa terbesar di Indonesia. Oleh karena itu, lanjutnya, peluncuran PAC ini bertujuan untuk melengkapi kebutuhan bisnis pelaku usaha.
Tiga Kategori
CAC Marketing Assistant Manager PGI Windi Ario Wicaksono menjelaskan penambahan produk PAC tersebut mencakup tiga kategori, yakni ducted, ceiling, dan 4-way cassette.
Khusus untuk kategori 4-way cassette, Panasonic melakukan penambahan dari yang sebelumnya hanya berkapasitas 2,5 hingga 5 PK, kini memiliki varian 2 hingga 6 PK. Sementara kategori ducted dan ceiling tidak berbeda dengan keluaran produk sebelumnya, yakni sebesar 2 hingga 6 PK.
Produk berkapasitas 4PK dan 5 PK memiliki desain yang lebih ramping dan outdoor yang lebih compact dan ringan. Ini dimaksudkan agar memudahkan untuk penempatan di area yang sempit atau terbatas seperti di apartemen dan perkantoran.
Kelebihan lainnya, produk ini telah dibekali Nanoe EX dan teknologi Fast Cooling. Selain itu, Coeficience of Performance (CoP)/ energy efficiency ratio produk ini mengalami peningkatan sebesar 13% atau 3,05 dari yang sebelumnya sebesar 2,6.
“Kemudian, panjang pipa maksimum sebelumnya 30 meter, kini untuk model baru menjadi 50 meter. Untuk diferensiasi tinggi antara indoor dan outdoor dari 20 meter menjadi 30 meter. Dan yang berbeda dengan kompetitor, freon yang di dalam outdoor. Khusus untuk 4 PK ke atas, tidak perlu menambah freon untuk pipa dari 7,5 hingga 30 meter,” paparnya.
Windi menjelaskan, pada tahun ini Panasonic akan fokus memasuki pasar CAC. Pada tahun ini, Panasonic menargetkan untuk meningkatkan market share dari tahun sebelumnya sebesar 7% menjadi 17%.
Langkah yang telah dilakukan adalah pembentukan divisi baru khusus CAC. Dia juga menambahkan, saat ini Panasonic tengah melakukan pengujian produk tersebut di Jepang untuk mendapatkan sertifikasi dari Badan sertifikasi, Third Party Certifies. (*)
Sumber : Majalah Mitra Vol. X, Edisi 42, September 2017